18 January 2022, 06:45 WIB

Sekjen PBB: Vaksinasi Seluruh Dunia untuk Akhiri Pandemi Covid-19


Basuki Eka Purnama |

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada forum Davos bahwa dunia harus memvaksinasi semua orang terhadap covid-19 untuk memastikan jalan keluar dari pandemi.

Pertemuan tatap muka para pemain kekuatan politik dan perusahaan di Pegunungan Alpen Swiss itu digelar secara daring untuk tahun kedua berturut-turut karena pandemi yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

"Dua tahun terakhir telah menunjukkan kebenaran yang sederhana namun brutal, jika kita meninggalkan siapa pun, kita meninggalkan semua orang," kata Guterres.

Baca juga: Malaysia Siap Beri Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun di Akhir Januari

"Jika kita gagal memvaksinasi setiap orang, kita memunculkan varian baru yang menyebar melintasi perbatasan dan membuat kehidupan sehari-hari dan ekonomi terhenti,” tambahnya.

Guterres mengatakan komunitas internasional diperlukan untuk menghadapi pandemi dengan kesetaraan dan keadilan.

Dia mencatat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan strategi musim gugur lalu untuk memvaksinasi 40% populasi planet ini pada akhir 2021 dan 70% pada pertengahan tahun ini.

"Kita belum mendekati target ini," kata Guterres kepada Forum Ekonomi Dunia.

"Tingkat vaksinasi di negara-negara berpenghasilan tinggi, memalukan, tujuh kali lebih tinggi daripada di negara-negara Afrika. Kita membutuhkan kesetaraan vaksin, sekarang," tambahnya.

Guterres mengatakan perusahaan farmasi harus berdiri dalam solidaritas dengan negara-negara berkembang dengan berbagi lisensi, pengetahuan dan teknologi sehingga kita semua dapat menemukan jalan keluar dari pandemi ini. (France24/OL-1)

BERITA TERKAIT