17 January 2022, 21:21 WIB

Tentara Israel Tembak Mati Warga Palestina yang Ingin Menikam


Mediaindonesia.com | Internasional

PASUKAN Israel pada Senin (17/1) menembak mati seorang pria Palestina yang mencoba menikam seorang tentara di Tepi Barat, kata tentara Israel, dalam kerusuhan terbaru di wilayah pendudukan. Suatu pernyataan dari tentara Israel mengatakan tersangka penyerang telah tiba dengan kendaraan pada Persimpangan Gush Etzion, yang merupakan bagian dari pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

"Penyerang, bersenjatakan pisau, keluar dari kendaraan dan berusaha menikam seorang tentara (Israel). Tentara itu menembak ke arah penyerang dan menetralisasinya," kata pernyataan militer.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada AFP bahwa tersangka telah tewas. Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria yang tewas sebagai Faleh Musa Jaradat yang tinggal di selatan Hebron.

Serangan pisau oleh warga Palestina yang menargetkan pasukan Israel biasa terjadi di Tepi Barat. Daerah tersebut dijajah Israel sejak Perang Enam Hari pada 1967.

Hampir 475.000 pemukim Yahudi sejak itu pindah ke wilayah itu. Mereka tinggal di komunitas yang secara luas dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Baca juga: Polisi Israel Ingin Gusur Rumah, Warga Palestina Ancam Bakar Diri

Ketegangan dan kekerasan antara pemukim dan warga Palestina biasa terjadi di Tepi Barat. Daerah tersebut diklaim Palestina sebagai bagian penting dari negara masa depan mereka. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT