13 January 2022, 16:42 WIB

Khawatir Omikron, Korea Selatan akan Distribusikan Pil Covid-19 Pfizer


Nur Aivanni  | Internasional

KOREA Selatan akan mulai merawat pasien virus korona dengan pil antivirus Pfizer pada Jumat, kata pejabat kesehatan, ketika kekhawatiran meningkat atas penyebaran varian omikron yang sangat menular.

Setidaknya 21.000 pil, yang disebut Paxlovid, akan tiba pada Kamis dan dikirim ke sekitar 280 apotek dan 90 pusat perawatan perumahan, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Baca juga: Serangan Rusia di Suriah Tewaskan 11 Anggota ISIS

Dikatakan KDCA, obat itu akan digunakan untuk merawat lebih dari 1.000 orang per hari, dengan kelompok prioritas termasuk pasien dengan kemungkinan tinggi mengembangkan gejala kritis, mereka yang berusia 65 atau lebih dan mereka yang kekebalannya berkurang.

10.000 pil lainnya diperkirakan tiba akhir bulan ini. Paxlovid hampir 90% efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien yang berisiko tinggi terkena penyakit parah, dan data menunjukkan bahwa itu tetap efektif melawan omikron, kata Pfizer.

Korea Selatan telah menjajaki alat farmasi tambahan untuk mencegah lonjakan infeksi yang disebabkan oleh varian omikron.

Sejak tak lama setelah pandemi dimulai, negara berpenduduk 52 juta orang itu telah menjadi salah satu kisah sukses mitigasi virus korona, dengan total 679.030 kasus dan 6.210 kematian, sebagian besar dicapai dengan penggunaan masker dan menjaga jarak.

Varian omikron merupakan sebagian kecil dari keseluruhan kasusnya tetapi meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi sekitar 12,5% selama dua minggu terakhir.

Lebih dari 84,4% warga Korea Selatan telah divaksinasi lengkap dan 43,1% telah mendapat suntikan booster pada Rabu, menurut data KDCA. (Malay Mail/Nur/OL-6)

BERITA TERKAIT