12 January 2022, 11:01 WIB

Presiden Lantik Tiga Duta Besar RI untuk Negara Sahabat 


Andhika Prasetyo | Internasional

PRESIDEN Joko Widodo melantik tiga duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk sejumlah negara sahabat. 

Pelantikan para duta besar tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1), dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pengangkatan para dubes dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4B tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Dubes RI, Misrawi : Masyarakat Tunisia Belajar Nilai Pancasila

Selepas Keppres dibacakan, kepala negara merapalkan sumpah jabatan yang diikuti oleh para duta besar.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi diikuti seluruh duta besar LBPP.

Adapun, tiga duta besar LBPP yang dilantik ialah Sunarko, sebagai duta besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum, Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila, serta Fientje Maritje Suebu, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington. (OL-1)

BERITA TERKAIT