10 January 2022, 16:25 WIB

Tiongkok Tawarkan Bantuan pada Kazakhstan


Mediaindonesia.com |

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada Senin (10/1) mengatakan negaranya bersedia meningkatkan kerja sama penegakan hukum dan keamanan dengan Kazakhstan dan membantu menentang campur tangan kekuatan eksternal setelah protes keras di negara di Asia Tengah itu.

Wang Yi, yang juga menjabat sebagai penasihat negara, membuat pernyataan itu dalam sambungan telepon dengan Perdana Menteri Kazakhstan Mukhtar Tileuberdi, menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

“Gejolak baru-baru ini di Kazakhstan menunjukkan bahwa situasi di Asia Tengah sedang menghadapi tantangan berat dan itu sekali lagi membuktikan bahwa sejumlah kekuatan eksternal tidak menginginkan perdamaian dan ketenangan di wilayah kami,” Kemenlu Tiongkok mengutip Wang saat berbicara dengan Tileuberdi.

Gedung-gedung pemerintahan di Kazakhstan sempat direbut atau dibakar di beberapa kota pekan lalu saat yang awalnya aksi damai menentang harga bahan bakar memanas menjadi kekerasan.

Tentara diperintahkan untuk menembak, membunuh untuk memadamkan pemberontakan di seluruh negeri.

Otoritas menuding kekerasan itu dilakukan oleh ekstrimis, termasuk militan Islam yang dilatih asing untuk menimbulkan kekerasan itu.

Otoritas juga meminta blok militer pimpinan Rusia untuk mengirimkan pasukannya yang pemerintah katakan telah dikerahkan untuk menjaga tempat-tempat strategis.

Tiongkok bersedia untuk “bersama-sama menentang campur tangan dan infiltrasi kekuatan eksternal manapun,” kata Wang.

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Jumat (7/1) mengatakan kepada Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev bahwa Tiongkok dengan tegas menentang kekuatan apapun yang mengganggu stabilitas Kazakhstan, kata televisi pemerintah Tiongkok. (OL-12)

BERITA TERKAIT