04 January 2022, 06:51 WIB

Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit


Basuki Eka Purnama |

PRESIDEN Brasil Jair Bolsonaro dilarikan ke rumah sakit, Senin (3/1), karena sakit perut yang kemudian diidentifikasi sebagai penyumbatan usus sehingga harus dioperasi, sembilan bulan sebelum pemilu.

Pria berusia 66 tahun itu tengah berlibur di pantai di Negara Bagian Santa Catarina ketika mulai merasa sakit, gangguan kesehatan teranyar yang dialaminya sejak ditusuk saat berkampanye pada 2018.

Pemimpin sayap kanan itu dilarikan ke rumah sakit di Sao Paulo menggunakan pesawat kepresidenan.

Baca juga: Bolsonaro tidak Setuju Karnival Digelar Lagi pada Tahun Depan

Stasiun teleivsi Brasil Globo memperlihatkan Bolsonaro turun dari pesawat tanpa dibantu dan mengatakan dirinya baik-baik saja.

Bolsonaor mengunggah foto dirinya di tempat tidur rumah sakit di Twitter sembari meangkat ibu jari didampingi pesan bahwa dirinya harus dioperasi karena ada penyumbatan di bagian perut.

"Saya mulai merasa sakit selepas makan siang pada Minggu (2/1). Saya tiba di rumah sakit pada pukul 03.00 hari ini," cicit Bolsonaro setelah dirawat di Rumah Sakit Vila Nova Star.

"Mereka memasangkan saya dengan tabung nasogastrik--alat untuk mengirimkan makanan dan obat ke perut melalui hidung."

"Mereka akan melakukan pemeriksaan lebih banyak untuk menentukan apakah saya harus dioperasi," lanjutnya.

Bolsonaro telah menjalani setidaknya empat operasi selepas penusukan yang nyaris menewaskan dirinya, yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku menjalankan perintah Tuhan. Sang pelaku kemudian ditetapkan mengalami gangguan mental sehingga tidak bisa diadili. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT