04 January 2022, 04:45 WIB

Kebakaran di Gedung Parlemen Afrika Selatan Menyala Lagi


Basuki Eka Purnama |

ASAP dan api kembali muncul di lantai atas gedung parlemen Afrika Selatan, Senin (3/1), beberapa jam setelah kebakaran dinyatakan berhasil dikendalikan.

Kebakaran, yang pertama kali terjadi pada Minggu (2/1) pukul 05.00 waktu setempat berhasil dipadamkan setelah puluhan pasukan pemadam kebakaran berjuang hingga malam hari untuk mengatasinya.

Namun, Senin (3/1) sore, juru bicara pasukan pemadam kebakaran Afrika Selatan Jermaine Carelse mengatakan api kembali membara di kompleks parlemen di Cape Town itu dimulai dari atap ruangan Majelis Nasional.

Baca juga: Gedung Parlemen Afrika Selatan Kebakaran

"Angin berhembus kencang dan membuat bara yang berada di atap, lokasi yang tidak bisa kami capai kembali menyalam," ujar Carelse.

Hanya sekitar 10 pemadam kebakaran yang diturunkan dari 70 yang bertugas memadamkan api di gedung parlemen itu sebelum 0 lainnya diturunkan untuk memadamkan api menggunakan crane.

"Kerusakan terparah terjadi di rumah majelis nasional yang tidak akan bisa digunakan hingga beberapa bulan ke depn," ungkap Carelse.

Kebakaran itu dimulai di bagian kompleks parlemen tua yang terbuat dari kayu, lokasi sidang parlemen pertama Afrika Selatan dan tempat sejumlah memorabilia parlemen negara itu disimpan.

Kebakaran itu kemudian meluas ke gedung parlemen baru, tempt para anggota parlemen biasa menggelar sidang. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT