25 December 2021, 18:56 WIB

Koalisi Saudi Luncurkan Operasi Besar Yaman setelah Serangan Maut


Mediaindonesia.com | Internasional

KOALISI yang dipimpin Arab Saudi pada Sabtu (25/12) meluncurkan serangan skala besar di Yaman. Ini setelah suatu proyektil menewaskan dua orang di kerajaan itu. Peristiwa itu merupakan kematian pertama dalam tiga tahun oleh pemberontak Huthi yang didukung Iran.

Huthi memperingatkan tetangga utara Yaman yang kaya minyak tentang tanggapan menyakitkan jika koalisi tidak menghentikan agresinya terhadap negara yang dilanda konflik itu.

Yaman telah dilanda perang saudara sejak 2014. Pemerintah yang diakui secara internasional dan didukung oleh koalisi militer pimpinan Saudi melawan Huthi yang menguasai sebagian besar wilayah utara.

Puluhan ribu orang telah tewas sejak itu. PBB menggambarkannya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Kekerasan terbaru terjadi semalam ketika dua orang--satu warga Saudi dan lainnya Yaman--tewas dan tujuh lainnya terluka dalam serangan proyektil di Jazan, menurut pertahanan sipil Saudi.

"Suatu proyektil militer jatuh di toko komersial di jalan utama, mengakibatkan dua kematian," katanya. Enam warga Saudi dan seorang warga Bangladesh terluka.

Baca juga: Paus Sesalkan Tragedi Besar Yaman dan Suriah Diabaikan

Gambar dari Saudi Press Agency yang konon setelah serangan itu menunjukkan kawah besar di tanah dan sejumlah kendaraan yang hancur. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT