14 December 2021, 21:38 WIB

Irak Gantung Tiga Orang karena terkait Terorisme


Mediaindonesia.com |

IRAK pada Selasa (14/12) menggantung tiga pria yang dihukum karena terkait terorisme di suatu penjara di kota Nasiriyah, daerah selatan yang mayoritas penduduknya Muslim Syiah. Dua sumber keamanan mengatakan itu kepada AFP.

Salah satu dari mereka yang dieksekusi dinyatakan bersalah karena terlibat dalam pengeboman mobil pada musim panas 2013 di Nasiriyah, kata salah satu sumber. Yang kedua dihukum karena perannya dalam serangan serupa di Provinsi Karbala yang lebih jauh ke utara, tambah sumber itu.

Irak mengeksekusi lebih dari 50 orang pada 2020. Ini jumlah tertinggi keempat di dunia, menurut kelompok hak asasi manusia Amnesty International. Banyak yang dihukum merupakan anggota ISIS.

Kelompok ISIS menyerbu sebagian besar Irak utara dan barat dalam serangan pada 2014 sebelum akhirnya menyerah pada serangan balik oleh pasukan pemerintah pada 2017. Pembunuhan serta pelanggaran terorisme dapat dihukum mati di Irak.

Baca juga: Amerika Serikat Siapkan Alternatif jika Pembicaraan Nuklir Iran Gagal

Eksekusi pada Selasa membuat jumlah yang dihukum mati tahun ini menjadi 17, menurut penghitungan AFP. Semua dieksekusi di penjara Nasiryah. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT