09 December 2021, 08:25 WIB

Biden Akan Bahas Ukraina dengan Sekutu NATO


Nur Aivanni |

GEDUNG Putih mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden menelepon anggota NATO Eropa Timur pada Kamis (9/12) untuk membahas KTT-nya secara daring dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan kekhawatiran perang di Ukraina.

"Biden akan mengadakan panggilan dengan para pemimpin kelompok Bucharest Nine dari Sekutu NATO sayap timur kami untuk memberi tahu mereka tentang panggilannya dengan Presiden Putin, mendengar perspektif mereka tentang situasi keamanan saat ini, dan menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat untuk keamanan transatlantik," demikian pernyataannya, pada Rabu.

Grup Bucharest terdiri dari Bulgaria, Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Gedung Putih mengatakan Biden akan mengadakan panggilan konferensi tersebut setelah dia berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah meminta lebih banyak bantuan AS dalam menangkal ancaman serangan Rusia lebih lanjut.

Negara-negara Barat mengatakan mereka sangat prihatin dengan sekitar 100.000 tentara Rusia di perbatasan Ukraina.

Rusia telah merebut semenanjung Krimea dan mendukung pemberontakan separatis sejak 2014.

Moskow mengatakan pasukan tambahan ada di sana untuk bertahan melawan Ukraina yang diserap ke dalam aliansi militer NATO yang dipimpin AS, meskipun Ukraina sama sekali tidak diterima dalam kelompok itu.

Biden dan Putin membahas ketegangan tersebut dalam pertemuan video yang berlangsung selama dua jam pada Selasa. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Inggris Perketat Pembatasan Covid-19

BERITA TERKAIT