09 December 2021, 05:15 WIB

Menteri Pertahanan India Tewas dalam Kecelakaan Helikopter


Basuki Eka Purnama | Internasional

MENTERI Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat bersama 12 orang lainnya tewas dalam kecelakaan helikopter pada Rabu (8/12).

Rawat merupakan kepala staf pertahanan India, posisi yang dibentuk pada 2019. Dia juga merupakan orang kepercayaan Perdana Menteri Narendra Modi.

Pria berusia 63 tahun itu tengah dalam perjalanan bersama istrinya dan sejumlah pejabat senior India lainnya menggunakan helikopter buatan Rusia Mi-17 ketika mengalami kecelakaan di Negara Bagian Tamil Nadu.

Baca juga: Pejabat India Tewas akibat Kecelakaan Helikopter Bertipe Persis Musibah Indonesia

Modi menyebut Rawat sebagai prajurit yang hebat dan patriot luar biasa yang memodernkan angkatan besenjata India.

"Kepergiannya membuat saya sangat sedih. India tidak akan pernah melupakan pengabdiannya yang sangat luar biasa," ciciy Modi.

Video dari lokasi kecelakaan memberlihatkan orang-orang berusaha memadamkan api menggunakan ember saat sekelompok prajurit mengevakuasi seorang korban menggunakan tandu.

Rawat tengah dalam perjalanan menuju Kampus Pertahanan Sipil India (DSSC) untuk berbicara kepada para mahasiswa dan staf pengajar.

Helikopter itu sudah dalam posisi menurun saat kecelakaan. Saksi mata mengaku melihat sejumlah penumpang meloncat dari helikopter sebelum jatuh.

Satu-satunya penyintas dari kecelakaan itu, seorang pegawai DSSC telah dilarikan ke sebuah rumah sakit militer. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT