09 December 2021, 04:45 WIB

Maezawa Tiba di ISS


Basuki Eka Purnama | Internasional

MILIARDER Jepang Yusaku Maezawa tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai bagian dari proyek wisata luar angkasa Rusia yang sempat dihentikan selama puluhan tahun.

Konglomerat fesyen itu bersama asistennya, Yozo Hirano, bertolak dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Rabu (8/12) pagi.

Keduanya berlabuh di modul Poisk di ISS pada pukul 13.40 GMT atau pukul 20.40 WIB.

Baca juga: Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

Siaran langsung badan luar angkasa Rusia Roscosmos memperlihatkan kapsul Soyuz MS-20 terbuka pada pukul 16.11 GMT atau pukul 23.11, memperlihatkan kosmonot Alexander Misurkin memasuki ISS disusul Maezawa dan Hirano.

Perjalanan ketiganya mencapai ISS memakan waktu lebih dari enam jam dan memuncaki tahun yang dipaandang sebagai tahun wisata luar angkasa.

Miliarder Elon Musk, Jeff Bezos, dan Richard Branson melakukan terbosodan dalam penerbangan turis ke luar angkasa pada tahun ini.

Setibanya di ISS, ketiganya disambut kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Petr Dubrov.

Di lokasi lepas landas, sekelompok orang, termasuk keluarga dan teman Maezawa menyaksikan perjalanan ke luar angkasa itu.

"Ini merupakan proses yang sangat panjang. Jadi, saya sangat terharu," ujar kuasa hukum Maezawa, Ryo Okubo.

"Saya sangat senang namun sekaligus khawatir karena dia adalah sahabat saya," timpal sahabat Maezawa, Hiroyuki Sugimoto.

Maezawa akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan aktivitas sehari-harinya di ISS untuk ditayangkan di kanal Youtube pribadinya.

Miliarder berusia 46 tahun itu telah menyusun 100 hal yang akan dia lakukan di ISS termasuk menggelar turnamen bulu tangkis.

Maezawa dan asistennya merupakan warga sipil Jepang pertama yang pergi ke luar angkasa sejak wartawan Toyohiro Akiyama yang pergi ke Stasiun Luar Angkasa Mir pada 1990. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT