07 December 2021, 16:28 WIB

Aljazair Janjikan Bantuan Rp1,4 Triliun untuk Palestina


Mediaindonesia.com |

PRESIDEN Aljazair Abdelmadjid Tebboune menjanjikan bantuan senilai US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun kepada Palestina. Ini disampaikan ketika pemimpin Palestina Mahmud Abbas mengunjungi Aljazair pada Senin (7/12).

Tebboune mengatakan pada konferensi pers bersama bahwa pendanaan itu sesuai dengan sejarah revolusioner Aljazair dan komitmen seluruh rakyat Aljazair untuk mendukung tujuan Palestina yang adil dalam segala keadaan.

Aljazair akan menjadi tuan rumah KTT Liga Arab pada Maret 2022. KTT ini yang pertama sejak Maroko memperbarui hubungan dengan Israel di tengah serangkaian kesepakatan normalisasi yang ditengahi AS dengan negara Yahudi itu.

Tebboune mengatakan pada Senin bahwa Aljazair berencana menempatkan masalah Palestina di pusat acara penting ini. Televisi Aljazair juga melaporkan bahwa Tebboune berencana menjadi tuan rumah bagi faksi Palestina untuk pembicaraan.

Tur pemimpin Palestina ke Afrika Utara, termasuk rencana mengunjungi Tunisia, dilakukan dua minggu setelah Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menandatangani kesepakatan pertahanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Maroko. Kesepakatan itu memicu ketegangan yang sudah tinggi dengan Aljazair karena kerja sama pertahanan Israel dengan kerajaan itu dinilai sebagai bahaya bagi keamanan nasionalnya.

Baca juga: Terduga Penyerang Remaja Palestina Ditembak Mati Penjaga Israel

Seorang pejabat tinggi Aljazair mengatakan kunjungan Gantz menargetkan negaranya. Aljazair memutuskan hubungan diplomatik dengan Rabat pada Agustus dengan alasan tindakan bermusuhan Maroko yang disangkal oleh kerajaan itu. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT