07 December 2021, 13:20 WIB

Saudi Luncurkan Serangan Balasan Usai Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal


 Nur Aivanni | Internasional

MILITER Arab Saudi, pada Selasa (7/12) pagi, mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan serangan udara semalam terhadap sasaran di Yaman sebagai pembalasan atas rudal balistik yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi, yang menghancurkan situs peluncuran di Sanaa.

"Kami telah menghancurkan situs-situs di Sanaa yang terkait dengan rudal balistik dan drone," tulis kantor berita resmi Saudi SPA di Twitter.

Sebelumnya dikatakan tentara Saudi telah mencegat dan menghancurkan rudal balistik yang ditembakkan ke kerajaan oleh pemberontak Houthi di negara tetangga Yaman.

Pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar Yaman utara, termasuk ibu kota Sanaa, yang mereka rebut pada tahun 2014.

Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman setahun kemudian untuk menopang pemerintah dalam konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang dan jutaan orang mengungsi.

SPA mengatakan bahwa target serangan balasan termasuk area gua dan gudang rudal balistik rahasia di pinggiran Sanaa.

Kementerian Pertahanan Saudi, yang dikutip oleh kantor berita tersebut, mengecam penembakan rudal Houthi dan perilaku pemberontak yang kejam dan tidak bertanggung jawab dengan menargetkan warga sipil.

"Kementerian Pertahanan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan dan pencegahan untuk melindungi warga sipil dan wilayahnya," kata SPA. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT