05 December 2021, 09:30 WIB

Polisi Israel Bunuh Warga Palestina yang Lancarkan Serangan Pisau di Jerusalem


Basuki Eka Purnama | Internasional

POLISI Israel menembak mati seorang warga Palestina di Jerusalem Timur, Sabtu (4/12), setelah dia menusuk seorang warga Israel dan berusaha menyerang polisi.

Pelaku menusuk seorang pria di dekat Gerbang Damaskus di Kota Tua dan kemudian berusaha menyeran polisi.

"Polisi memutuskan menetralisasi pelaku," tegas kepolisian Israel.

Israel menyebut korban aksi penusukan itu adalah pria beragama Yahudi berusia 20 tahun yang kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Pemukiman Israel akan Percepat Implementasi Ultimatum Presiden Palestina

Adapun kantor berita Palestina Waifa mengidentifikai pelaku penyerangan sebagai Mohammad Shawkat Ahmed Salima, warga Kota Salft, Tepi Barat.

Video yang dirilis kepolisian Israel menunjukkan pria berusia 20 tahun itu menyerang seseorang yang mengenakan pakaian ulta-Orthodox Yahudi sebelum berusaha menyerang polisi.

Rekaman yang dirilis d media sosial dan menjadi viral menunjukkan polisi Israel terus menembaki pelaku meski dia telah terbujur kaku di jalanan.

Kementerian Luar Negeri Palestina menuding aksi polisi Israel itu sebagai eksekusi.

Juru bicara Hamas di Jerusalem, Mohammed Hamadesh, mengecam aksi penembakan yang dilakukan polisi Israel terhadap pria muda yang sudah tidak berdaya/

Aksi polisi Israel itu juga menuai kritik dari sejumlah politisi Israel dan kelompok HAM.

"Eksekusi seorang pria yang tidak lagi mengacam adalah tindakan kejahatan yang mengerikan," ujar anggota DPR Israel Aida Touma-Sliman di Twitter. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT