04 December 2021, 12:17 WIB

Prancis Evakuasi Lebih dari 300 Orang dari Afghanistan


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PRANCIS telah melakukan misi evakuasi di Afganistan dengan membawa 258 warga Afganistan serta 11 Prancis, sekitar 60 warga negara Belanda dan sejumlah orang yang terkait dengan mereka di negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri Prancis mengungkapkan, operasi itu diselenggarakan dengan bantuan dari Qatar.

Para pengungsi termasuk warga Afghanistan yang berisiko, seperti jurnalis dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan Prancis, termasuk pekerja sipil yang dipekerjakan oleh tentara Prancis.

Sejak 10 September 2021, setidaknya 110 orang Prancis dan 396 warga Afghanistan telah dievakuasi dari Afghanistan dalam 10 penerbangan yang diselenggarakan dengan bantuan Qatar, menurut pernyataan kementerian.

“Prancis dan Qatar bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan pada Kamis, mengirimkan peralatan medis, makanan, dan pasokan musim dingin ke organisasi internasional yang beroperasi di negara itu dengan pesawat militer Qatar,” kata juru bicara kementerian luar negeri Prancis.

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) minggu ini menggambarkan prospek sosial ekonomi yang mengkhawatirkan untuk Afghanistan selama 13 bulan ke depan.

Afghanistan sedang kesulitan akibat bantuan pembangunan internasional yang turun tajam setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

UNDP telah memproyeksikan bahwa kemiskinan dapat menjadi hampir universal pada pertengahan 2022. (Aiw/Aljazeera/OL-09)

BERITA TERKAIT