01 December 2021, 12:15 WIB

Waspada Omicron, Biden akan Tinjau Larangan Perjalanan Setiap Pekan


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Selasa (30/11), mengatakan akan memutuskan setiap minggu apakah akan memperpanjang larangan perjalanan AS pada Afrika Selatan, tergantung pada apa yang terjadi dengan varian baru covid-19 omicron.

Saat ditanya berapa lama pembatasan perjalanan yang berlaku mulai Senin (29/11) untuk Afrika Selatan dan tujuh negara Afrika selatan lainnya akan tetap berlaku, Biden mengatakan itu tergantung.

Presiden AS, yang menaiki Air Force One di Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul, mengatakan dia akan melihat dari minggu ke minggu untuk menentukan apa yang dibutuhkan.

Baca juga: Biden Minta Masyarakat Tidak Panik dengan Kemunculan Varian Omicron

"Kita akan belajar lebih banyak dalam beberapa minggu ke depan tentang mematikan virus ini, tentang seberapa besar penyebarannya, apa yang harus kita kendalikan, dan lain-lain," katanya kepada wartawan.

Saat ditanya apakah perluasan pembatasan perjalanan ke negara lain dapat dilakukan secara tiba-tiba, seperti yang terjadi di bawah mantan Presiden AS Donald Trump, Biden mengatakan: "Tidak seperti Trump, saya tidak mengejutkan sekutu kami." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT