29 November 2021, 07:50 WIB

Kanada Konfirmasi Kasus Pertama Covid Varian Omicron


Nur Aivanni | Internasional

PEMERINTAH Kanada, pada Minggu, mengakui pihaknya telah mendeteksi kasus pertama dari strain baru covid-19, omicron, pada dua orang yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke Nigeria.

Kedua pasien sekarang berada dalam isolasi, sementara otoritas kesehatan masyarakat melacak orang-orang yang mungkin kontak dengan mereka. Pemerintah Ontario mengonfirmasi bahwa kedua kasus tersebut berada di ibu kota Ottawa.

"Saya diberitahu hari ini oleh Badan Kesehatan Masyarakat Kanada bahwa pengujian dan pemantauan kasus covid-19 telah mengonfirmasi dua kasus varian omicron yang menjadi perhatian di Ontario," kata Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos dalam sebuah pernyataan.

"Seiring pemantauan dan pengujian berlanjut, diperkirakan kasus lain dari varian ini akan ditemukan di Kanada," katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendaftarkan omicron sebagai "variant of concern" dan negara-negara di seluruh dunia sekarang membatasi perjalanan dari Afrika selatan, di mana strain baru pertama kali terdeteksi, dan mengambil tindakan pencegahan baru lainnya.

WHO mengatakan perlu beberapa minggu untuk mengetahui apakah ada perubahan signifikan dalam penularan, tingkat keparahan atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan covid.

Pada Jumat, Kanada melarang perjalanan dari tujuh negara Afrika karena kekhawatiran tentang penyebaran jenis omicron. Nigeria bukan salah satunya. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Waspada Varian Omicron, Maladewa Larang Pelancong dari 7 Negara Afrika

BERITA TERKAIT