28 November 2021, 10:56 WIB

Omicron, Mesir Tangguhkan Penerbangan Langsung dengan Negara Afrika Selatan


Nur Aivanni |

Pemerintah Mesir menangguhkan penerbangan langsung dengan sejumlah negara Afrika selatan karena kekhawatiran atas varian baru covid-19 Omicron.

Keputusan itu dibuat pada Jumat malam setelah pertemuan komite manajemen krisis tingkat menteri yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly, menurut sebuah pernyataan kabinet.

Dalam pernyataan tersebut, Juru Bicara Kabinet Nader Saad mengatakan bahwa penangguhan penerbangan langsung tersebut termasuk Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia dan Eswatini.

Adapun penerbangan transit yang datang dari negara-negara tersebut dan berhenti di Bandara Internasional Kairo dalam perjalanan ke tujuan lain, penumpangnya akan menjalani tes cepat dan mereka yang dinyatakan positif akan dipulangkan dengan penerbangan yang sama.

Pada Sabtu, Kementerian Kesehatan Mesir mendesak warga untuk melakukan tindakan pencegahan virus korona, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial dan melakukan vaksinasi untuk covid-19, terutama setelah munculnya varian baru tersebut.

Mesir telah meluncurkan kampanye vaksinasi massal sebagai salah satu tindakan pencegahan dasar terhadap pandemi covid-19.

Hingga Jumat malam, Mesir telah melaporkan jumlah total 354.836 infeksi covid-19, termasuk 20.237 kematian dan 294.903 orang yang telah pulih. (Xinhua/OL-12)

BERITA TERKAIT