27 November 2021, 05:21 WIB

WHO Beri Nama Varian Baru Covid-19 Omicron


Basuki Eka Purnama, Atikah Ishmah Winahyu |

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (26/11), memberi nama varian baru covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan sebagai Omicron dan menyatakan varian itu sebagai varian yang mengkhawatirkan.

Klasifikasi itu membuat Omicron masuk dalam kategori tertinggi di antara varian ovid-19 lainnya, bersama dengan varian yang kini dominan di dunia, Delta, di atas varian lain yang lebih lemah yaitu Alpha, Beta, dan Gamma.

Negara di dunia, Jumat (26/11), berlomba melarang penerbangan dari kawasan selatan Afrika untuk memperlambat penyebaran varian Omicron sementara harga saham dan minyak merosot karena kekhawatiran terkait varian baru itu.

Baca juga: Jerman Laporkan 76 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

"Berdasarkan data yang memperlihatkan perubahan pada epidemiologi covid-19, WHO menetapkan varian B.1.1.529 sebagai varian mengkhawatirkan (VOC) bernama Omicron," tegas badan PBB itu dalam sebuah pernyataan resmi.

WHO menyebut akan butuh waktu beberapa pekan untuk menyelesaikan penelitian terhadap Omicron untuk melihat apakah ada perbedaan pada cara penularannya, keparahannya, dan pengaruhnya pada vaksin serta cara pengobatannya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT