25 November 2021, 09:05 WIB

Sekjen PBB Serukan Gencatan Senjata Tanpa Syarat dan Segera di Ethiopia


Nur Aivanni | Internasional

SEKJEN PBB Antonio Guterres, menyerukan gencatan senjata tanpa syarat dan segera di Ethiopia, di mana pasukan pemerintah memerangi pemberontak dari wilayah Tigray utara.

"Proses perdamaian di Kolombia mengilhami saya untuk membuat seruan mendesak hari ini kepada para protagonis konflik di Ethiopia untuk gencatan senjata tanpa syarat dan segera untuk menyelamatkan negara," kata Guterres, Rabu (24/11) di Bogota, selama kunjungan ke negara Amerika Selatan yang menandai lima tahun sejak kesepakatan damai ditandatangani.

Alarm internasional telah meningkat atas meningkatnya konflik selama setahun di Ethiopia, yang mendorong pemerintah asing untuk memberitahu warganya untuk pergi di tengah kekhawatiran pemberontak Tigrayan bisa berbaris di ibu kota Addis Ababa.

Guterres mengatakan gencatan senjata harus memungkinkan dialog antar-Ethiopia untuk menyelesaikan krisis dan memungkinkan Ethiopia untuk berkontribusi lagi pada stabilitas kawasan.

Pertempuran di utara negara terpadat kedua di Afrika itu telah menewaskan ribuan orang dan memaksa ratusan ribu orang mengalami kelaparan, menurut perkiraan PBB. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Angka Kelahiran Tiongkok Anjlok ke Angka Terendah dalam Beberapa Dekade

BERITA TERKAIT