25 November 2021, 08:30 WIB

Kanada Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun


Basuki Eka Purnama | Internasional

KANADA, Rabu (24/11), mulai menggelar vaksinasi covid-19 untuk anak berusia 5-11 tahun, menyusul langkah sejumlah negara, termasuk Israel dan Amerika Serikat (AS) yang telah lebih dulu menggelar kampanye vaksinasi itu.

Di Montreal, sejumlah anak menjadi yang pertama menerima vaksin covid-19 Pfizer, yang telah diizinkan diberikan kepada kelompok umur 5-11 oleh pemerintah Kanada, Jumat (19/11).

Untuk meredakan ketakutan anak terhadap jarum suntik, sejumlah langkah telah dilakukan seperti menempelkan stiker unicorn atau pemain hoki di partisi, waktu vaksinasi yang lebih panjang, atau menyediakan anjing sebagai teman.

Baca juga: Jerman Pertimbangkan Wajib Vaksin saat Covid-19 Melonjak Lagi

"Saya sebenarnya tidak takut, hanya stres," ujar Victor, 10, sembari mencengkeram buku gambar dengan tulisan, "Selamat. kamu sudah menerima vaksin covid-19".

Ibunda Victor, Mathilde menjelaskan putranya itu sempat merasa tersingkirkan dari keluarganya setelah dia menjadi satu-satunya orang yang tidak mendapatkan vaksin covid-19.

Menurut Mathilde, vaksinasi covid-19 membuat anaknya kini bisa menjadi bagian dari keluarga mereka dan bisa memeluk neneknya dengan aman.

Pendaftaran anak untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 di Quebec telah meroket sejak pemerintah memberi lampu hijau untuk vaksinasi covid-19 untuk anak-anak.

Lewat Twitter, Premier Quebec Francoid Legault, Rabu (24/11), mencicit bahwa sebanyak 115.300 anak telah didaftarkan hanya dalam tempo beberapa jam.

"Dengan bersama-sama kita bisa membuat perbedaan," cicitnya.

Kanada merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi covid-19 tertinggi di dunia dengan lebih dari 85% warga berusia 12 tahun ke atas telah divaksin. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT