24 November 2021, 20:22 WIB

Mesir Didesak Wujudkan Janji Permudah Perjalanan Warga Palestina


Mediaindonesia.com | Internasional

PEJABAT Palestina dalam beberapa bulan terakhir mendesak Mesir untuk membuat perjalanan melalui Rafah ke Kairo lebih mudah. Salah satunya diserukan Presiden Kamar Dagang Gaza Walid Al-Hosari. 

Hosari mengatakan kepada AFP bahwa Mesir telah mengatakan akan meningkatkan jumlah pelancong yang diizinkan melewati terowongan baru di bawah Terusan Suez. Mesir juga berjanji, katanya, untuk membuat perjalanan menjadi lebih mudah.

Ekonom Palestina Omar Shaban, seorang ahli perdagangan Gaza-Mesir, mengatakan memaksa warga Gaza untuk membayar sejumlah besar biaya transit merupakan strategi yang buruk bagi Mesir. Ini jika Mesir berharap untuk terus berpartisipasi dalam rekonstruksi Gaza yang dilanda perang.

Menurut Shaban, bisnis perbatasan menjadi penghasil uang yang besar. Akan tetapi ia menekankan bahwa Mesir tidak dapat menjadi pemain dalam upaya rekonstruksi sambil menghalangi perjalanan Palestina. Karenanya, kebijakan mereka perlu diharmonisasikan.

Baca juga: Cerita Tiga Warga Palestina tentang Susahnya Perjalanan Melintasi Rafah-Kairo

Seorang pejabat senior Hamas, yang meminta anonimitas mengingat sifat subjek yang sangat sensitif, mengatakan bahwa dalam masalah membuat perjalanan lebih mudah, orang Mesir, "Berjanji dan berjanji, tetapi Anda tidak pernah tahu apakah itu akan terwujud." (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT