19 November 2021, 18:03 WIB

Austria akan Berlakukan Penguncian Covid-19 bagi Seluruh Penduduk


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

AUSTRIA akan menjadi negara pertama di Eropa barat yang memberlakukan kembali penguncian penuh covid-19 pada musim gugur ini untuk mengatasi gelombang infeksi baru dan memerintahkan seluruh penduduknya untuk divaksinasi hingga 1 Februari.

Penguncian yang akan mencakup individu yang divaksinasi dan tidak divaksinasi ini awalnya akan berlangsung 10 hari dan paling lama 20 hari, ungkap kanselir konservatif Alexander Schallenberg pada konferensi pers yang digelar Jumat (19/11).

“Kami belum berhasil meyakinkan cukup banyak orang untuk divaksinasi,” katanya, mengatakan penguncian akan dimulai pada Senin dan persyaratan untuk divaksinasi pada 1 Februari.

“Menyakitkan bahwa tindakan seperti itu masih harus diambil,” imbuhnya.

Sekitar 66% dari populasi Austria telah divaksinasi lengkap, salah satu tingkat terendah di Eropa barat. Infeksinya termasuk yang tertinggi di benua itu, dengan insiden tujuh hari 971,5 per 100.000 orang, dan kasus harian terus mencatat rekor.

“Ada terlalu banyak di antara kita yang belum menunjukkan solidaritas,” kata Schallenberg.

“Meningkatkan tingkat vaksinasi adalah satu-satunya cara untuk memutus lingkaran setan ini,” tambahnya.

Baca juga:  Eropa Jadi Satu-satunya Wilayah yang Alami Peningkatan Kematian akibat Covid-19

Dua provinsi yang paling parah dilanda, Austria, Salzburg dan Austria Hulu, telah mengatakan mereka akan memberlakukan penguncian mereka sendiri pada hari Senin dan mendesak pemerintah untuk melakukan hal yang sama secara nasional.

Gubernur dari sembilan provinsi Austria bertemu dengan Kanselir Austria Schallenberg dan Menteri Kesehatan Wolfgang Mueckstein sebelumnya pada hari Jumat.

Austria memberlakukan penguncian untuk yang tidak divaksinasi pada hari Senin tetapi infeksi terus meningkat jauh di atas puncak sebelumnya setahun yang lalu, ketika negara itu melakukan penguncian nasional.

Beberapa surat kabar termasuk Kleine Zeitung dan tabloid berpengaruh Kronen Zeitung mengatakan para pejabat sepakat semalam bahwa penguncian akan diberlakukan mulai Senin, awalnya selama 10 hari. (Straitstimes/A-2)
 

BERITA TERKAIT