16 November 2021, 11:17 WIB

Ukraina Iming-Imingi Uang Tunai Agar Warga Mau Divaksin Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky, Senin (15/11), mengatakan warga akan mendapatkan insentif uang kas jika telah mendapatkan vaksin covid-19 lengkap dalam upaya mendongkrak kampanye vaksinasi covid-19 di negara itu.

"Semua yang telah mendapatkan dua dosis vaksin covid1-19 bisa mendapatkan uang kas senilai 1.000 hryvnias (sekitar Rp570 ribu)," ujar Zelensky dalam sebuah pesa video.

Jumlah itu besar di salah satu negara termiskin di Eropa itu yang warganya hanya sebanyak kurang dari sepertiga yang telah menerima vaksinasi penuh covid-19.

Baca juga: PM Inggris Tidak Tutup Kemungkinan Terapkan Lockdown Covid-19 Lagi

Zelensky mengatakan uang itu bisa digunakan untuk membeli keanggotaaan di pusat kebugaran, menonton bioskop, pergi ke museum, atau membeli tiket pesawat atau kereta untuk melakukan perjalanan di Ukraina.

"Itu adalah sektor-sektor yang paling terhantam oleh lockdown covid-19," kata Zelensky.

Pemerintah dijadwalkan menyetujui dana sebesar 200 juta euro untuk skema insentif yang akan diluncurkan pada 19 Desember mendatang itu.

Negara pecahan Uni Soviet itu mencatatkan 442 kemaian akibat covid-19 dalam tempo 24 jam pada Senin (15/11), tertinggi kedua di dunia setelah Rusia, yang mencatatkan 1.211 kematian.

Ukraina tengah mengalami gelombang covid-19 terburuk mereka, dipicu oleh varian Delta dan banyaknya warga yang enggan divaksin.

Saat ini, hanya 28% warga Ukraina yang telah mendapatkan vaksinasi covid-19 penuh. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT