12 November 2021, 10:00 WIB

Biden dan Xi Jinping Diperkkirakan akan Gelar Pertemuan Virtual Pekan Depan


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PRESIDEN AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping diperkirakan akan mengadakan pertemuan puncak virtual pada Senin (15/11), di tengah ketegangan atas perdagangan, hak asasi manusia dan kegiatan militer, menurut seorang sumber pada Kamis (11/11).

Washington dan Beijing telah berdebat tentang berbagai masalah, mulai dari asal mula pandemi covid-19 hingga perluasan persenjataan nuklir Tiongkok.

Pejabat Amerika Serikat percaya keterlibatan langsung dengan Xi adalah cara terbaik untuk mencegah hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu dari spiral menuju konflik. Gedung Putih menolak memberi komentar.

Permintaan Xi agar Biden menghadiri Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing dapat menempatkan presiden AS di tempat yang tidak nyaman saat ia menekan Tiongkok tentang hak asasi manusia.

Biden dan Xi terakhir berbicara pada 9 September lalu dalam percakapan selama 90 menit yang menurut seorang pejabat senior AS berfokus pada masalah ekonomi, perubahan iklim, dan covid-19.

Pada hari Rabu, kedua negara meluncurkan kesepakatan kerangka kerja pada konferensi iklim PBB di Skotlandia yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama guna mengatasi perubahan iklim.

Pertemuan virtual Biden dan Xi terbaru disepakati pada prinsipnya bulan lalu selama pembicaraan di Zurich antara penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan dan diplomat top Tiongkok, Yang Jiechi.

Gedung Putih mengatakan Sullivan menyuarakan keprihatinan tentang tindakan Tiongkok di Laut China Selatan, serta hak asasi manusia dan sikap Beijing di Hong Kong, Xinjiang dan Taiwan. (Straitstimes/OL-12)

BERITA TERKAIT