11 November 2021, 14:40 WIB

Arab Saudi Masih Menunggu Kepastian Kemenkes RI Terkait Umrah


Mohamad Farhan Zhuhri | Internasional

KERAJAAN Saudi Arabia hingga kini masih menunggu kepastian lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait hal pemberangkatan umrah pada tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (KESTHURI), Artha Hanif. 

Sebelumnya, Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU) telah melakukan pertemuan dengan duta besar KSA di Indonesia.

Baca juga: WHO: Risiko Wabah Campak Meningkat Akibat Pandemi Covid-19

"Dengan Dubes KSA di Indonesia telah menyampai berita gembira bahwa pada prinsipnya KSA sudah siap menerima jamaah umrah dari Indonesia, hanya tinggal menunggu update lebih lanjut dari Kemenkes RI," ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (11/11). 

Kendati demikian, 3 minggu usai pertemuan tersebut, Indonesia masih belum mengirim jemaahnya. "Sementara jamaah umrah dari negeri jiran (Malaysia) sudah mulai berangkat sejak Oktober lalu, baik dengan menggunakan visa turis maupun visa umrah," ungkapnya yang juga selaku Sekjen di Forum SATHU itu.

Lebih lanjut, sebelum adanya berita resmi dari KSA dan Pemerintah Indonesia, dirinya tidak mempunyai referensi untuk memberikan penjelasan ke masyarakat khususnya ke jemaah umrah yang sudah mendaftar

"Karena kami tidak ingin masyarakat resah krn beredarnya info2 yg belum jelas," ujar Artha.

"Kami sangat berharap umrah dari Indonesia dapat segera dimulai paling tidak awal Desember 2021, Wallahu'alam," pungkasnya (OL-6)

BERITA TERKAIT