03 November 2021, 12:11 WIB

Israel Luncurkan Serangan Rudal Dekat Damaskus Suriah


 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

ISRAEL meluncurkan serangan udara dengan sejumlah rudal yang menargetkan daerah di pinggiran ibukota Suriah, Damaskus, menurut TV pemerintah Suriah pada Rabu (3/11) pagi, mengutip sumber militer.

Serangan itu mengakibatkan beberapa kerusakan material. Tidak ada komentar langsung dari pejabat Israel.

Sabtu (30/10) lalu, Israel juga menembakkan rudal ke pinggiran ibukota Suriah, meskipun rudal tersebut dicegat oleh pertahanan udara Suriah.

Pada 14 Oktober 2021, serangan udara Israel terhadap posisi milisi sekutu Iran di wilayah Suriah tengah juga menewaskan sembilan pejuang yang bersekutu dengan pemerintah Suriah.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Suriah menuduh Israel melakukan serangan di selatan negara itu.

Israel, yang khawatir dengan pengaruh regional dan kehadiran militer Iran yang berkembang di Suriah, telah meluncurkan ratusan serangan di Suriah selama bertahun-tahun tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu.

Serangan di Suriah biasanya terjadi pada malam hari. Israel telah mengakui bahwa pihaknya menargetkan pangkalan, konvoi senjata, dan fasilitas yang terkait dengan milisi sekutu Iran, seperti kelompok Hizbullah Lebanon yang kuat.

Serangan itu juga menargetkan pengiriman senjata yang diyakini ditujukan untuk kelompok tersebut. Hezbollah berperang di pihak pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara. (Aiw/Aljazeera/OL-09)

BERITA TERKAIT