19 October 2021, 13:53 WIB

Pengawas Departemen Luar Negeri AS Tinjau Akhir Operasi di Afghanistan


Nur Aivanni | Internasional

INSPEKTUR Jenderal Departemen Luar Negeri AS akan meninjau akhir operasi diplomatik pemerintahan Biden di Afghanistan, termasuk evakuasi darurat Kedutaan AS di Kabul, kata seorang juru bicara pada Senin (18/10).

Penjabat inspektur jenderal departemen juga akan memeriksa Program Visa Imigran Khusus, pemrosesan warga Afghanistan untuk diterima sebagai pengungsi, dan pemukiman kembali mereka di Amerika Serikat.

Penjabat inspektur jenderal, Diana Shaw, memberi tahu Kongres pada Senin bahwa kantornya meluncurkan beberapa proyek pengawasan terkait dengan berakhirnya misi militer dan diplomatik AS di Afghanistan. Evaluasi yang direncanakan itu pertama kali dilaporkan oleh Politico.

Baca juga : AS tidak akan Ambil Bagian dalam Pembicaraan Soal Afghanistan yang Digelar Rusia

Pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh pada pertengahan Agustus ketika Taliban menyapu negara itu dengan kecepatan kilat dan berbaris ke ibu kota, Kabul.

Partai Republik AS dengan keras mengkritik pemerintahan Presiden Joe Biden atas keruntuhan spektakuler dari upaya perang selama dua dekade.

Tiga belas tentara AS tewas dalam pemboman bunuh diri pada 26 Agustus ketika mereka mencoba untuk mengamankan upaya evakuasi yang akhirnya mengandalkan dukungan dari Taliban, musuh lama AS. (Straits Times/OL-2)

 

BERITA TERKAIT