18 October 2021, 20:46 WIB

Eks Menlu AS Colin Powell Meninggal Karena Covid-19 


Ghani Nurcahyadi | Internasional

MANTAN Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Colin Powell meninggal dunia di usia 84 tahun akibat komplikasi setelah terinfeksi Covid-19. 

"Kami kehilangan suami, ayah, kakek, dan seorang warga AS yang hebat," kata pihak keluarga Powell dalam postingan di media sosial. 

Powell merupakan pensiunan Jenderal dan pernah menjabat posisi penting di 4 masa kepresidenan AS. Jabatan tertingginya ialah menjadi Menteri Luar Negeri AS pada masa Presiden George W Bush pada 2001-2005. 

Powell dikenal dengan pidato kerasnya di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2003 yang menyebut rezim Saddam Hussein di Irak merupakan entitas berbahaya dan menyimpan senjata pemusnah massal. Namun, saat sudah tidak menjabat, Powell yang merupakan Politisi Partai Republik itu menyebut klaim tersebut banyak mengandung ketidakakuratan. 

Baca juga : Palestina Desak Amerika dan Warga Internasional Hentikan Pendudukan Israel

"Itu akan menjadi catatan dalam hidup saya. Sungguh sangat menyakitkan," kata Powell dalam sebuah wawancara. 

Pada Pemilu AS 2008, Powell menjadi bagian dari sejumlah politikus Partai Republik yang mendukung Barack Obama dari Partai Demokrat untuk menjadi Presiden AS. 

Senator Partai Demokrat Mark Warner pun memuji Powell sebagai seorang patriot dan pelayan publik. Sementara anggota DPR AS dari Partai Republik Peter Meijer menyebut Powell sebagai seorang Prajurit dan Negarawan. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT