14 October 2021, 20:50 WIB

Militer Klaim Pemimpin ISIS Nigeria Abu Musab Al-Barnawi Tewas


Mediaindonesia.com | Internasional

PEMIMPIN kelompok jihadis ISIS Provinsi Afrika Barat (ISWAP), Abu Musab al-Barnawi, tewas, kata komandan militer Nigeria, Kamis (14/10). ISWAP belum memberikan konfirmasi kematian al-Barnawi. Sebelumnya, tentara Nigeria mengklaim membunuh komandan jihad hanya agar mereka muncul kembali. 

"Saya secara resmi dapat mengonfirmasi kepada Anda bahwa al-Barnawi telah meninggal. Sesederhana itu. Dia telah meninggal dan tetap mati," kata Kepala Staf Pertahanan Jenderal Lucky Irabor kepada wartawan.

Dia tidak memberikan rincian tentang bagaimana atau kapan al-Barnawi meninggal. Al-Barnawi ialah putra pendiri kelompok militan Boko Haram Nigeria yang telah memerangi pemberontakan Islam di timur laut Nigeria sejak 2009.

Komandan ISWAP menjadi terkenal setelah berpisah dengan Boko Haram pada 2016 karena perbedaan pendapat dengan komandannya Abubakar Shekau yang meninggal awal tahun ini selama pertikaian antara kedua faksi.

Sejak kematian Shekau, sumber-sumber keamanan mengatakan, al-Barnawi telah mengonsolidasikan kendali ISWAP di timur laut Nigeria dan wilayah Danau Chad tetapi kantong-kantong loyalis Boko Haram telah melawan.

Baca juga: UNESCO Adopsi Dua Resolusi Pro Palestina pada Sidang Dewan Eksekutif

Lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik Nigeria. Sekitar dua juta lebih mengungsi dari rumah mereka akibat kekerasan tersebut. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT