13 October 2021, 14:04 WIB

Turki Sampaikan Ada Rencana Bebas Visa bagi WNI


Nur Aivanni | Internasional

PEMERINTAH Turki menyampaikan negaranya akan memberikan kebijakan baru untuk pemberian bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) ke Turki.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tengah melakukan kunjungan bilateralnya di Turki pada 11-12 Oktober 2021.

"Menteri Luar Negeri Turki juga menyampaikan kebijakan baru untuk pemberian bebas visa bagi Warga Negara Indonesia ke Turki. Kebijakan ini akan berlaku dalam waktu dekat. Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik," terang Retno dalam pernyataan pers secara virtual yang dikutip pada Rabu (13/10).

Baca juga:  Antigua dan Barbuda Bebaskan Visa untuk WNI

Selain itu, disampaikan Retno, Indonesia dan Turki sepakat untuk melakukan penguatan kerja sama pemulihan ekonomi.

"Untuk memfasilitasi hubungan bisnis kedua negara dengan aman serta terus memperhitungkan faktor kesehatan kita sepakat membentuk Travel Corridor Arrangement," kata Retno.

Indonesia dan Turki, lanjutnya, sepakat untuk mempercepat perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia telah mulai melakukan perundingan IT-CEPA dengan Turki pada tahun 2018 setelah diluncurkan pada tahun 2017. Pendekatan yang dilakukan adalah incremental mulai dengan perundingan trade in goods.(OL-5)

BERITA TERKAIT