13 October 2021, 13:29 WIB

Bekerjasama, Indonesia-Turki Mau Buat Pesawat dan Tank


Nur Aivanni | Internasional

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan bilateral ke Turki pada 11-12 Oktober 2021. Salah satu yang dibahas dalam kunjungan tersebut adalah peningkatan kerja sama di bidang pertahanan dan industri pertahanan kedua negara.

"Kerja sama pertahanan antara dua negara terus berkembang dalam beberapa tahun ini," kata Retno dalam pernyataan pers secara virtual yang dikutip pada Rabu (13/10).

Menteri Pertahanan Indonesia, terang Retno, beberapa kali telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Turki. Saat ini, sambungnya, kedua negara sedang dalam proses finalisasi Perjanjian Kerja Sama Pertahanan untuk kemudian dapat ditandatangani.

Baca juga : Indonesia-Turki Sepakat Penguatan Kerja Sama di Bidang Kesehatan

"Salah satu kerja sama yang sangat potensial dan terus didorong adalah pengembangan bersama industri pertahanan, termasuk pengembangan bersama pesawat terbang dan produk tank skala kecil," katanya.

Untuk memperkuat kerja sama pertahanan, jelasnya, kedua negara juga mulai membahas mekanisme konsultasi baru. Mekanisme baru tersebut meliputi pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia-Turki. Pertemuan tersebut dijadwalkan antara pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Kemudian, mekanisme baru lainnya adalah mengadakan pertemuan tahunan industri pertahanan secara reguler dan pertemuan dialog militer. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT