13 October 2021, 12:47 WIB

Pesawat Kedua yang Berisi Pengungsi Afghanistan Tiba di Spanyol


Nur Aivanni | Internasional

PESAWAT kedua yang berisi pengungsi Afghanistan tiba di Spanyol dari Pakistan pada Selasa (12/10), kata sumber pemerintah, sehari setelah penerbangan pertama bagi orang-orang yang bekerja untuk Madrid di negara yang dilanda perang itu.

Penerbangan kedua tersebut, yang membawa 160 orang, tiba pada pukul 20.45 waktu setempat di pangkalan udara militer Torrejon de Ardoz di luar Madrid, kata sumber yang berbicara tanpa menyebut nama.

Sumber pejabat mengatakan 84 orang tiba dengan pesawat pertama pada Senin.

Evakuasi tersebut telah dilakukan selama berminggu-minggu, dengan Menteri Luar Negeri Jose Manuel Albares mengunjungi Pakistan dan Qatar pada awal September.

Baca juga: 84 Pengungsi Afghanistan Tiba di Spanyol

Madrid mengevakuasi lebih dari 2.000 orang, kebanyakan dari mereka adalah warga Afghanistan yang telah bekerja untuk Spanyol dan keluarga mereka, selama penarikan oleh negara-negara barat saat Taliban merebut kekuasaan di Kabul pada Agustus.

Namun penerbangan harus dihentikan begitu pasukan terakhir Amerika yang melindungi bandara ibu kota Afghanistan pergi.

Diplomat Uni Eropa Josep Borrell, pada Jumat, mendesak negara-negara anggota blok itu untuk menampung "minimal" antara 10.000 dan 20.000 lebih pengungsi Afghanistan.

Uni Eropa telah mengatakan permintaan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi untuk menerima 42.500 pengungsi Afghanistan selama lima tahun dapat dicapai - meskipun keputusan apapun terletak pada negara-negara anggota. (AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT