13 October 2021, 10:53 WIB

Rusia akan Uji Coba Vaksin Covid-19 dalam Bentuk Semprotan Hidung


Nur Aivanni | Internasional

RUSIA akan menguji coba vaksin Covid-19 Sputnik V-nya dalam bentuk semprotan hidung di antara sukarelawan dewasa, menurut dokumen negara yang diterbitkan pada Selasa (12/10).

Pada saat bersama, pemerintah Rusia masih berjuang untuk mengendalikan peningkatan jumlah infeksi dan kematian.

Rusia dengan cepat mengembangkan dan meluncurkan vaksin Sputnik-nya ketika pandemi virus korona melanda tahun lalu, tetapi penerimaannya lambat. Pasalnya banyak orang Rusia menyebut ketidakpercayaan terhadap pihak berwenang dan ketakutan akan produk medis baru.

Vaksin Covid-19 Sputnik V dalam bentuk semprotan hidung akan diterapkan dalam dua dosis di sebuah klinik di St Petersburg, Rusia. Namun menurut dokumen yang diterbitkan pada daftar obat-obatan negara, tanpa memberikan waktu rencana untuk uji klinis.

Presiden Vladimir Putin, pada Selasa (12/10), mengatakan bahwa Rusia perlu mempercepat kampanye vaksinasi Covid-19 ketika negara itu mencatat rekor kematian dalam satu hari sejak awal pandemi.

Pihak berwenang Rusia mengatakan pada Juni bahwa vaksin dalam bentuk semprotan hidung yang cocok untuk anak-anak berusia 8-12 tahun telah diuji dan rencananya akan diluncurkan produk baru itu pada September. (Malay Mail/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT