11 October 2021, 08:58 WIB

Presiden Rep Ceko Dilarikan ke Rumah Sakit


Basuki Eka Purnama |

SITUASI politik di Rep Ceko menjadi tidak menentu, Minggu (10/10), setelah presiden Milon Zeman dilarikan ke rumah sakit sehari setelah sekutunya, Perdana Menteri Andrej Babis, kalah tipis dalam pemilu.

Presiden, yang memegang peran penting untuk menominasikan perdana menteri yang akan datang, dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans, tidak lama setelah bertemu Babis dan tiba dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Dokter mengatakan Zeman dirawat di ruang perawatan intensif sementara Tabloid Blesk mengutip kepala kantor Zeman, Vratislav Mynar, yang mengatakan, "Dia tertidur di ambulans. itu saja. Itu tidak berarti dia tidak sadarkan diri."

Baca juga: Puluhan orang Ikut Demonstrasi Pro-Uni Eropa di Polandia

Surat kabar DNES, Mingu (10/10), mengatakan Zeman, yang memiliki gangguan ginjal, berada dalam kondisi stabil namun kemungkinan harus dirawat di rumah sakit selama tiga pekan.

Juru bicara Zeman, Jiri Ovcacek, lewat Twitter, mengatakan dirawatnya presiden itu tidak akan menghalangi pembicaraan pascapemilu di Rep Ceko.

Zeman, yang menggunakan kursi roda, ambil bagian dalam pemilu di kediaman pribadinya karena masalah kesehatan, kurang dari sebulan setelah dirawat selama delapan malam di rumah sakit. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT