07 October 2021, 20:29 WIB

Pfizer Minta Otorisasi AS Izinkan Vaksin Covid-19 untuk Usia 5-11


Mediaindonesia.com | Internasional

PRODUSEN obat AS Pfizer secara resmi meminta otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin covid-19 kepada anak-anak usia lima hingga 11 tahun. Anak-anak telah terinfeksi dalam jumlah yang lebih besar dalam gelombang virus korona terbaru yang didorong oleh varian delta. 

Karena itu, menyuntik anak-anak dipandang sebagai kunci untuk menjaga sekolah tetap buka dan membantu mengakhiri pandemi. Pada akhir September, Pfizer dan BioNTech, yang bersama-sama mengembangkan vaksin, mulai mengirimkan data ke Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk otorisasi yang sangat dinanti.

Pfizer menuliskan tweet pada Kamis (7/10) pagi bahwa kedua perusahaan telah secara resmi mengajukan permintaan ke FDA untuk Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dari vaksin covid-19 untuk anak-anak berumur 5 hingga 12. "Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan FDA dengan tujuan akhir membantu melindungi anak-anak dari ancaman kesehatan masyarakat yang serius ini," kata Pfizer.

Menyusul pengumuman tersebut, Koordinator Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients mengatakan kepada CNN bahwa "Saya pikir kita semua dapat sepakat bahwa mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun menjadi langkah selanjutnya yang sangat penting dalam perjuangan kita melawan virus."

Anak-anak dalam kelompok usia 5-11 menerima rejimen dua dosis 10 mikrogram dalam percobaan. Ini lebih sedikit dibandingkan dengan 30 mikrogram untuk kelompok usia yang lebih tua. Suntikan diberikan 21 hari terpisah.

Baca juga: Pfizer Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Bayi Umur 6 Bulan-5 Tahun

FDA sebelumnya mengatakan bahwa setelah pengajuan resmi selesai, badan tersebut akan menyelesaikan peninjauannya kemungkinan dalam hitungan minggu daripada bulan. Vaksin Pfizer-BioNTech telah mendapatkan persetujuan penuh FDA untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT