07 October 2021, 09:37 WIB

Pembatasan Covid-19 di Sydney akan Dilonggarkan Usai Vaksinasi Capai 70 Persen


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PEMBATASAN covid-19 di Sydney akan dilonggarkan mulai Senin (11/10), setelah mencapai target vaksinasi penuh sebesar 70%.

Warga di negara bagian New South Wales (NSW) yang telah divaksinasi penuh akan dapat meninggalkan rumah mereka dengan alasan apapun, termasuk mengunjungi pub, toko ritel, bioskop, dan pusat kebugaran, yang akan dibuka kembali di bawah aturan jarak sosial yang ketat.

Jumlah tamu yang telah divaksinasi yang diizinkan untuk berkumpul di rumah akan berlipat ganda menjadi 10, sementara batas orang yang hadir di pernikahan dan pemakaman akan dinaikkan menjadi 100.

Klub malam sebagian dapat dibuka kembali untuk warga yang divaksinasi setelah inokulasi mencapai 80%, lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya, dan masker tidak akan diwajibkan di kantor.

Negara bagian akan menggunakan sistem paspor vaksinasi untuk memastikan mereka yang belum sepenuhnya disuntik tetap berada di bawah aturan di rumah saja hingga 1 Desember.

"Vaksinasi adalah kunci kebebasan kami dan pengorbanan serta upaya masyarakat di seluruh NSW telah memastikan kami dapat membuka diri secepat dan seaman mungkin," kata Perdana Menteri negara bagian Dominic Perrottet kepada wartawan di Sydney, Kamis (7/10).

Sydney dan Melbourne, kota terbesar di Australia, serta ibu kota Canberra telah dikunci selama beberapa minggu untuk meredam wabah varian delta, yang mendorong ekonomi Australia senilai AU$2 triliun di ambang resesi kedua dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga:  Belum Divaksin Covid-19, Warga Sydney Dibatasi dari Kegiatan Sosial

Pihak berwenang di kota-kota itu telah mengesampingkan upaya untuk menghilangkan virus dan sekarang bertujuan untuk secara bertahap mencabut pembatasan saat tingkat vaksinasi pada populasi orang dewasa meningkat hingga 70%, 80% dan 90%.

Australia sebagian besar tetap bebas virus untuk sepanjang tahun ini sampai gelombang infeksi ketiga yang dipicu oleh varian delta bergerak cepat menyebar ke tenggara.

Namun, jumlah kasus covid-19 di sana relatif rendah, dengan sekitar 120.000 kasus dan 1.381 kematian.

Infeksi harian di NSW turun ke level terendah dalam lebih dari tujuh minggu pada hari Kamis yakni mencapai 587 kasus, sementara kasus di Victoria naik menjadi 1.638, kenaikan infeksi harian tertinggi kedua.

Negara-negara dengan kasus yang sangat sedikit mengatakan mereka akan menutup perbatasan mereka dengan NSW dan Victoria bahkan setelah tingkat vaksinasi penuh mencapai 80%, di tengah kekhawatiran bahwa pembukaan kembali yang terjal akan membanjiri sistem perawatan kesehatan mereka. (Straitstimes/OL-5)

BERITA TERKAIT