30 September 2021, 21:31 WIB

Erdogan Bertemu Putin Bahas Suriah, Pesawat Tempur, Angkasa Luar


Mediaindonesia.com | Internasional

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan membahas pendalaman kerja sama industri pertahanan dengan Rusia selama pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin pada minggu ini. Hal tersebut disampaikan pemimpin Turki itu, Kamis (30/9).

Erdogan dan Putin mengadakan pembicaraan tatap muka pertama mereka dalam 18 bulan di resort Laut Hitam Sochi pada Rabu (29/9). Konflik Suriah menjadi agenda utama mereka.

"Kami memiliki kesempatan untuk mendiskusikan langkah yang bisa kami ambil pada mesin pesawat, pesawat tempur," kata pemimpin Turki itu kepada wartawan sekembalinya ke Turki. "Area lain yang kita dapat mengambil beberapa langkah bersama yakni membangun kapal. Insyaallah kita akan mengambil langkah bersama bahkan di kapal selam," tambahnya kepada penyiar NTV.

Kedua pemimpin itu bahkan berbicara tentang kerja sama Turki-Rusia di luar angkasa. Komentarnya akan menarik perhatian Barat, terutama Amerika Serikat, setelah Washington menjatuhkan sanksi kepada Turki tahun lalu atas pembelian multimiliar dolar sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

AS juga mengeluarkan Turki dari program F-35. Sekutu Barat memproduksi suku cadang jet tempur generasi berikutnya tersebut dan mengamankan hak pembelian awal.

Ankara mengharapkan sebanyak 100 jet tempur siluman. Beberapa pemasok Turki terlibat dalam pembangunan.
Erdogan menegaskan kembali komitmen Turki terhadap S-400 dan bersumpah bahwa Ankara tidak akan mundur dari pembelian itu sekaligus meminta AS untuk memberikan pesawat yang dipesan Turki atau mengembalikan pembayarannya senilai US$1,4 miliar.

Baca juga: Erdogan Janji Turki akan Ratifikasi Kesepakatan Paris

Hubungan antara Turki dan AS tengah tegang. Erdogan mengakui pekan lalu bahwa hubungan pribadinya dengan Presiden AS Joe Biden tidak dimulai dengan baik. Namun Biden dan Erdogan diperkirakan bertemu pada KTT G20 di Roma bulan depan. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT