29 September 2021, 21:09 WIB

Besok Menlu Israel ke Bahrain Resmikan Kedutaan Besar


Mediaindonesia.com | Internasional

MENTERI Luar Negeri Israel Yair Lapid akan mengunjungi Bahrain pada Kamis (30/9). Ini merupakan perjalanan resmi pertama menteri kabinet Israel ke negara Teluk itu menyusul kesepakatan normalisasi yang ditengahi AS setahun lalu.

Satu pernyataan kementerian luar negeri mengatakan Lapid, yang telah diundang oleh mitranya dari Bahrain, akan meresmikan kedutaan Israel di Manama dan diharapkan untuk menandatangani daftar perjanjian bilateral.
"Ini akan menjadi kunjungan resmi pertama oleh seorang menteri Israel ke (Bahrain)," kata pernyataan itu.

Setelah negosiasi yang dipelopori oleh mantan presiden AS Donald Trump, Uni Emirat Arab, diikuti dengan cepat oleh Bahrain dan Maroko pada tahun lalu menjadi negara Arab pertama dalam beberapa dekade yang menormalkan hubungan dengan Israel. Negara Yahudi itu sebelumnya mencapai perjanjian damai dengan negara tetangga Mesir dan Yordania.

Sejak perjanjian normalisasi, yang dikenal sebagai Perjanjian Abraham, ditandatangani, hubungan telah berkembang antara Israel dan mitra Teluk yang baru, terutama penerbangan langsung dan kesepakatan ekonomi.

Baca juga: 670 Perusahaan Eropa terkait Proyek Pemukiman Ilegal Israel

Lapid ialah arsitek utama pemerintah koalisi Israel dalam menggulingkan mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu yang menandatangani Kesepakatan Abraham. Lapid telah mengunjungi UEA dan Maroko sejak menjadi menteri luar negeri pada Juni. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT