29 September 2021, 16:36 WIB

Fumio Kishida Bakal Jadi PM Jepang Berikutnya


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

MANTAN Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida akan dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang, yang menggantikan Yoshihide Suga. Tepatnya, setelah dirinya memenangkan pemilihan internal Partai Demokrat Liberal yang berkuasa.

Kishida yang berusia 64 tahun, berhasil menyingkirkan Menteri Reformasi Administrasi dan Vaksinasi Taro Kono dalam dua putaran pemilihan untuk menjadi presiden LDP. Terdapat 429 suara yang dipertaruhkan, 382 anggota parlemen partai dan 47 cabang prefektur, yang masing-masing memiliki satu suara.

Adapun Kishida memenangkan 257 suara (249 dari anggota parlemen dan delapan dari cabang prefektur), mengalahkan Kono yang mencetak 170 suara (131 dari anggota parlemen dan 39 dari cabang prefektur).

Baca juga: Uni Eropa Keluarkan Jepang dari Daftar Perjalanan Aman Covid-19

Ini terjadi setelah putaran pertama pemungutan suara yang menampilkan dua kandidat lainnya, yakni mantan Menteri Dalam Negeri Sanae Takaichi dan mantan Menteri Kesetaraan Gender Seiko Noda.

Dalam putaran tersebut, masing-masing dari 382 anggota parlemen mendapat satu suara. Dengan 382 suara tersisa dibagi 47 cabang prefektur di mana 1,1 juta anggota partai juga memiliki suara.

Sebagai informasi, 256 suara Kishida terdiri dari 146 suara anggota parlemen dan 110 suara akar rumput. Kono hanya satu suara di belakang, dengan 86 suara anggota parlemen dan 169 suara akar rumput.

Baca juga: AS, Jepang, Korea Selatan akan Bertemu Bahas Nuklir Korea Utara

Posisi ketiga ditempati mantan Menteri Dalam Negeri Sanae Takaichi, yang mencetak 188 suara (114 anggota parlemen dan 74 suara akar rumput). Lalu, mantan Menteri Kesetaraan Gender Seiko Noda di peringkat terakhir dengan 63 suara (34 anggota parlemen dan 29 suara akar rumput).

Kishida akan memimpin LDP dalam pemilihan umum yang dijadwalkan November. Dengan empat tahun masa jabatan anggota parlemen Majelis Rendah yang berakhir pada 21 Oktober.

Sebuah jajak pendapat oleh Nikkei dan TV Tokyo menunjukkan Kono sebagai pilihan yang lebih disukai dari 46% responden dan 45% dalam survei terpisah Mainichi Shimbun. Kishida berada di urutan kedua dengan 17% dalam jajak pendapat Nikkei dan peringkat ketiga di belakang Takaichi dalam survei Mainichi.(Straitstimes/Aljazeera/OL-11)

BERITA TERKAIT