28 September 2021, 07:15 WIB

Perusahaan Besar Minta Brasil Tingkatkan Komitmen Melawan Perubahan Iklim


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEBUAH kelompok yang terdiri dari 107 perusahaan terbesar di Brasil, Senin (27/9), meminta pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro untuk meningkatkan komitmen dalam melawan perubahan iklim, sebulan menjelang pertemuan COP26 di Glasgow, Skotlandia.

"Brasil harus ambil bagian dalam perundingan iklim," tegas ke-107 perusahaan yang menamakan diri Komisi Perusahaan Brasil untuk Pembangunan Berkelanjutan (CEBDS) yang terdiri dari perusahaan yang mencakup 47% GDP negara Amerika Selatan itu.

"Brasil harus berada dalam pusat pembicaraan ini atau akan mengalami kerugian besar di sektor produksi dan masyarakat," lanjut surat yang menampilkan tanda tangan dari Bradesco (bank besar di Brasil), JBS (penghasil daging terbesar di dunia), serta perusahaan multinasional seperti Carrefour dan Shell.

Baca juga: Tiongkok Bakal Mengurangi Praktik Aborsi untuk Tujuan Nonmedis

Pemerintahan Bolsonaro menuai kritik keras terkait penanganan mereka terhadap masalah lingkungan terutama seiring meningkatnya penggundulan hutan di Brasil sejak Bolsonaro menjabat pada 2019.

Surat terbuka itu menyerukan diadopsinya mekanisme pendanaan untuk mempromosikan transisi iklim dan upaya untuk merangi penggundulan hutan di Amazon.

"Brasil memiliki keunggulan dalam memburu karbon netral karena banyaknya sumber daya alam dan kemampuan warganya," lanjut surat terbuka itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT