26 September 2021, 19:15 WIB

Kereta di AS Tergelincir, Tiga Orang Tewas dan Puluhan Terluka


Nur Aivanni | Internasional

Sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika sebuah kereta api AS tergelincir pada Sabtu (25/9) sore di Montana utara. Tim penyelamat pun bergegas untuk mengevakuasi semua orang di dalamnya dengan aman.

Sekitar 141 penumpang dan 16 anggota kru sedang melakukan perjalanan dari Chicago menuju Pantai Pasifik ketika delapan dari 10 gerbong keluar dari jalur sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

"Kami sangat sedih mengetahui pihak berwenang setempat sekarang mengonfirmasi bahwa tiga orang telah kehilangan nyawa mereka akibat kecelakaan ini," kata operator kereta api Amtrak, yang menambahkan bahwa ada juga yang dilaporkan terluka. Namun, tidak segera jelas apa yang menyebabkan insiden itu.

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan orang-orang menunggu di dekat rel, barang bawaan berserakan, dengan gerbong kereta terlihat keluar dari rel dan setidaknya satu terguling ke sisinya.

Dewan Transportasi dan Keselamatan Nasional mengatakan pihaknya meluncurkan tim untuk menyelidiki tergelincirnya kereta itu. Sementara itu, Amtrak mengatakan telah mengirim personel darurat ke tempat kejadian untuk membantu pihak berwenang setempat dalam melakukan evakuasi.

Koordinator Layanan Bencana dan Darurat Montana Amanda Frickel mengatakan kepada New York Times bahwa lebih dari 50 orang terluka. Dia mengatakan tim penyelamat berada di tempat kejadian dan beberapa rumah sakit - serta helikopter medis - bersiaga.

Pihak berwenang, katanya, tidak merilis rincian lebih lanjut untuk saat ini. "Semua orang yang selamat telah dikeluarkan dari reruntuhan," tambahnya.

Kereta Empire Builder tergelincir di daerah terpencil dekat Joplin, Montana, sebuah kota berpenduduk sekitar 200 orang di dekat perbatasan dengan Kanada.

Senator Montana Jon Tester mengatakan dia sedang memantau atas kejadian tergelincirnya kereta tersebut.

Amtrak mengatakan pihaknya membatalkan beberapa kereta pada Sabtu antara negara bagian North Dakota dan Montana, dan mengurangi dua layanan kereta Empire Builder pada hari Minggu, tanpa transit pengganti yang tersedia.

Jaringan kereta api AS menderita kekurangan dana kronis dan terkadang terjadi kecelakaan fatal.

Pada 2018, dua orang tewas di Carolina Utara ketika kereta Amtrak yang melaju di jalur yang salah bertabrakan dengan kereta barang yang tidak bergerak. Setahun sebelumnya, sebuah kereta penumpang Amtrak yang menempuh rute baru untuk pertama kalinya tergelincir di negara bagian Washington. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT