23 September 2021, 11:00 WIB

AS akan Sumbangkan Tambahan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, saat berbicara dalam KTT Covid-19, Rabu (22/9), mengatakan negaranya berjanji menyumbangkan tambahan 500 juta dosis vaksin covid-19 ke negara yang kesulitan mengatasi pandemi itu.

"Amerika akan menjadi persenjataan untuk menghadapi virus korona sama seperti Amerika telah menjadi senjata untuk menegakan demokrasi saat Perang Dunia II," kata Biden.

Janji Biden dalam KTT itu membuat jumlah total vaksin covid-19 yang dijanjikan AS menjadi 1,1 miliar, lebih dari yang dipasok negara lain di dunia.

Baca juga: Biden Janjikan Donasi Tambahan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19

"Kami telah mengirimkan 160 juta dosis vaksin ke 100 negara. Untuk setiap satu dosis vaksin yang disuntikan di AS kami akan menyuntikan tiga dosis di dunia," tegas Presiden AS itu.

Sebanyak 500 juta vaksin covid-19 yang dijanjikan AS itu akan berupa vaksin Pfizer dan akan diberikan ke negara miskin dan menengah di dunia.

Biden kemudian menantang para pemimpin dunia untuk memvaksinasi 70% warga mereka pada September 2022.

"Kita membutuhkan negara kaya lainnya untuk mewujudkan ambisi mereka. Kita tidak akan keluar dari krisis ini dengan upaya setengah-setengan," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT