23 September 2021, 09:27 WIB

Biden Janjikan Donasi Tambahan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN AS Joe Biden berbicara dalam KTT mengenai covid-19 pada Rabu. Dia pun berjanji akan menyumbangkan tambahan 500 juta vaksin ke negara-negara yang berjuang dalam mengatasi pandemi.

Janji dari Biden di KTT yang diadakan secara virtual dari Gedung Putih itu menjadikan total komitmen AS untuk sumbangan vaksin menjadi 1,1 miliar, lebih banyak dari gabungan seluruh dunia.

"Kami telah mengirimkan 160 juta dosis ini ke 100 negara," kata Biden. "Untuk setiap satu suntikan yang kami berikan hingga saat ini di Amerika, kami sekarang berkomitmen untuk melakukan tiga suntikan ke seluruh dunia," katanya.

Tahap baru dari setengah miliar vaksin itu akan berasal dari Pfizer dan akan disalurkan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan bahwa Biden juga menantang para pemimpin dunia untuk memvaksinasi 70% setiap negara pada September 2022.

"Kami membutuhkan negara-negara berpenghasilan tinggi lainnya untuk mewujudkan ambisi mereka sendiri," katanya dalam sambutan pembukaannya. "Kami tidak akan menyelesaikan krisis ini dengan setengah-setengah," ucapnya.

Biden menekankan bahwa lonjakan vaksin hanya boleh disumbangkan, tanpa ikatan "politik".

Setelah dia berbicara, Spanyol mengumumkan di PBB di New York bahwa mereka meningkatkan komitmennya terhadap total 30 juta vaksin, sementara Jepang mengatakan akan meningkatkan kontribusinya menjadi 60 juta.

Amerika Serikat dan negara-negara kaya lainnya telah dikritik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena rencana mereka untuk meluncurkan suntikan booster untuk populasi lanjut usia dan berisiko tinggi, sementara sebagian besar dunia menghadapi kekurangan dosis yang parah.

Pada Selasa, dalam pidato pertamanya di Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai presiden, Biden mengatakan kepada para delegasi bahwa Washington telah memberikan lebih dari $15 miliar untuk tanggapan global terhadap covid-19. (AFP/OL-13)

Baca Juga: AS Sambut Baik Tiongkok Setop Pendanaan Batu Bara

BERITA TERKAIT