22 September 2021, 13:51 WIB

Menlu AS Blinken Berharap Bisa Berbicara dengan Prancis di PBB


Nur Aivanni | Internasional

MENTERI Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken mengharapkan untuk bertukar pandangan pada Rabu (22/9) dengan mitranya dari Prancis mengenai krisis dalam hubungan keduanya, meskipun tidak ada pertemuan langsung yang dijadwalkan.

Blinken dan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian keduanya akan berpartisipasi di Majelis Umum PBB dalam pertemuan tertutup untuk lima anggota Dewan Keamanan yang memegang hak veto.

"Mereka pasti akan berada di ruangan besok dan memiliki kesempatan untuk bertukar pandangan tentang beberapa hal," kata seorang pejabat kepada wartawan pada Selasa tanpa menyebut nama.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan bergabung dalam pembicaraan lima kekuatan itu -- Inggris, Tiongkok, Prancis, Rusia, dan AS.

Blinken juga akan berbicara dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell yang telah menyuarakan solidaritas dengan Prancis atas kemarahannya.

Untuk diketahui, Prancis geram pekan lalu ketika Australia membatalkan kontrak besar-besaran untuk kapal selam konvensional Prancis dan mengatakan akan mencari kapal selam nuklir AS, dengan alasan lingkungan keamanan yang berubah.

Prancis menuduh AS melakukan pengkhianatan dan Australia menikam dari belakang. Prancis pun memperingatkan dampak pada hubungan tersebut.

AS telah menyuarakan harapan untuk menurunkan ketegangan dengan sekutunya, dengan Presiden AS Joe Biden berharap untuk berbicara dalam beberapa hari mendatang melalui telepon dengan rekannya Emmanuel Macron. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT