22 September 2021, 08:30 WIB

Ketua Senat AS Minta Biden Hentikan Pengusiran Imigran Asal Haiti


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMIMPIN Senat Amerika Serikat (AS) Chuck Schumer, Slasa (21/9), mendesak Presiden Joe Biden untk menghentikan deportasi massal imigran asal Haiti stelah Gedung Putih dikecam terkait sistem imigrasi dan pelecehan terhadap pengungsi.

Agen penjaga perbatasan kewalahan mengatasi membanjirnya imigran ilegal, ribuan dari mereka berasal dari Haiti.

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengatakan mayoritas imigran telah diusir berdasarkan Title 42, kebijakan era Presiden Donald Trump yang menghentikan kedatangan imigran di perbatasan selatan dengan alasan mereka bisa menyebarkan covid-19.

Baca juga: Dua Terluka dalam Penembakan di Sekolah Menengah AS

"Saya mendesak Presiden Biden untuk segera menghentikan pengusiran ini dan menghentikan penggunaan Title 42 di perbatasan selatan," ujar Schumer.

"Kita tidak bisa menggunakan kebijakan Trump yang penuh kebencian dan xenofobia yang melanggar hukum negara kita," lanjutnya.

Washington, akhir pekan lalu, memulangkan puluhan warga Haiti kembali ke negara mereka yang dihantam bencana gempa bumi dan kekacauan politik.

Krisis itu semakin diperparah setelah sebuah foto AFP yang menampilkan petugas perbatasan berkuda menggunakan tali kekang mereka mengusir imigran viral di media sosial.

Ketika ditanya mengenai gambar yang memprihatinkan itu, Biden menjawab singkat, "Kami akan menanganinya."

Wakil Presiden AS Kamala Harris mengaku sangat prihatin dengan gambar itu sementara PBB menyoroti aksi pemerintah AS dengan menggarisbawahi banyaknya pengungsi yang memang benar-benar mencari suaka.

Pengamat menyebut foto itu mengingatkan warga AS atas aksi polisi yang menggunakan cambuk kala berhadapan dengan warga kulit hitam pada abad ke-19.

Biden berjanji akan menggunakan pendekatan yang lebih manusiawi ketimbang yang digunakan di era Trump. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT