21 September 2021, 11:20 WIB

Pasukan Pemadam Kebakaran Berusaha Selamatkan Pohon Sequoia Raksasa dari Kebakaran


Basuki Eka Purnama | Internasional

RATUSAN personel pasukan pemadam kebakaran yang berjuang menyelamatkan sejumlah pohon sequoia raksasa di Amerika Serikat (AS), Senin (20/9), sembari mengatakan pohon purba itu terancam kebakaran hutan.

Sejumlah kebakaan terpisah mulai berkumpul di California, rumah bagi pohon raksasa itu, menggarisbawahi ketakutan kebakaran itu akan memusnahkan semua hal yang dilaluinya.

Komandan penangan Kebakaran Windy, yang telah menghanguskan wilayan seluas 10 ribu hektare, mengatakan api itu telah mencapai kawasan Peyrone Sequoia Grove dan Red Hill Grove.

Baca juga: NASA akan Kirim Robot Penjelajah Es ke Kutub Selatan Bulan

"Api telah mengelilingi kedua lokasi itu," ujar juru bisa Komando Penanganan Kebakaran WIndy, Amanda Munsey.

Di Long Meadow Grove, api telah menyebar ke salah satu pucuk pohon yang rentan itu.

Api yang berada di puncak pohon, khususnya pohon yang sangat tinggi, dengan mudah menyebar ke berbagai wilayah hutan lainnya karena saat puncak pohon itu meledak, percihan api akan menyebar ke wilayah di bawahnya.

Lebih ke utara, api juga tengah mengancam Giant Foret, kediaman General Sherman, pohon terbesar di dunia yang memiliki tinggi 83 meter.

General Sherman, yang diperkirakan berusia 2.200 tahun, telah diselimuti selimut antiapi sepanjang pekan ini. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT