20 September 2021, 07:35 WIB

ISIS Klaim Serangan terhadap Taliban di Jalalabad


Nur Aivanni | Internasional

NEGARA Islam-Khorasan (ISIS-K), pada Minggu, mengklaim serangan yang terjadi pada akhir pekan terhadap Taliban di Kota Jalalabad, Afghanistan.

Kelompok tersebut mengklaim tiga serangan bom terpisah yang menargetkan tiga kendaraan Taliban di Jalalabad pada Sabtu dan serangan bom lainnya pada Minggu terhadap kendaraan Taliban.

Sebuah truk pikap yang membawa pejuang Taliban menjadi sasaran bom di Kota Jalalabad, Afghanistan, pada Minggu, menurut media lokal. Saksi mata mengatakan kepada media lokal bahwa beberapa pejuang Taliban yang terluka dibawa ke rumah sakit setelah ledakan, yang menurut seorang wartawan terjadi di dekat persimpangan untuk transportasi ke dan dari ibu kota, Kabul.

Sehari sebelumnya, sedikitnya dua orang tewas dalam serangkaian ledakan di daerah itu, ledakan mematikan pertama sejak pasukan AS terakhir menarik diri dari Afghanistan pada 30 Agustus.

ISIS-K juga mengaku bertanggung jawab atas serangan berdarah yang menewaskan lebih dari 100 orang di bandara Kabul pada akhir Agustus.

Kota Jalalabad adalah ibu kota Provinsi Nangarhar, jantung cabang kelompok ISIS di Afghanistan.

Meskipun ISIS dan Taliban adalah militan Islam Sunni garis keras, mereka berbeda pendapat tentang masalah agama dan strategi, yang telah menyebabkan pertempuran berdarah di antara keduanya. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Ali Kalora Tewas, MIT pun Berakhir dan Sulteng Kondusif

BERITA TERKAIT