13 September 2021, 06:55 WIB

IAEA-Iran Sepakati Akses ke Peralatan Pengawasan di Fasilitas Nuklir


Nur Aivanni | Internasional

KEPALA pengawas nuklir PBB memuji kesepakatan yang dicapai dengan Iran pada Minggu (12/9) mengenai akses ke peralatan pengawasan di fasilitas nuklir Iran.

"Ini selalu dilihat, setidaknya bagi saya, sebagai jeda sementara, sebagai langkah untuk memberikan waktu bagi diplomasi," kata Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi kepada wartawan di bandara Wina setelah kembali dari pembicaraan di Iran.

Iran dan IAEA, sebelumnya, mengumumkan mereka telah setuju mengizinkan inspektur untuk memeriksa peralatan pengawasan badan tersebut di Iran karena Teheran telah membatasi akses sejak awal tahun ini.

Baca juga: Korut Uji Coba Rudal Jarak Jauh

Grossi melakukan perjalanan ke Iran, Sabtu (11/9), untuk melakukan pembicaraan, beberapa hari setelah IAEA mengkritik Teheran dalam sebuah laporan karena kurangnya kerja sama.

Dia mengatakan kesepakatan tentang servis peralatan badan tersebut akan segera dilakukan dalam beberapa hari.

Grossi menambahkan berkat perjanjian itu, badan tersebut akan dapat menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk menjaga kelanjutan pengetahuan tentang program Iran.

Namun, akses ke informasi yang direkam oleh peralatan harus menunggu kesepakatan pada pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015, juga dikenal sebagai JCPOA. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT